Tahun ajaran baru tinggal beberapa bulan lagi, namun Ayah dan Bunda sibuk mencari tahu informasi beberapa sekolah lanjutan untuk anak tercinta. Bahkan, ada beberapa sekolah juga yang sudah mulai membuka pendaftaran siswa baru.

Banyak pilihan sekolah terbaik yang bisa Ayah dan Bunda pilihkan untuk anak, mulai dari sekolah negeri, sekolah swasta, hingga sekolah internasional. Berikut ini beberapa tips cerdas memilih sekolah terbaik untuk anak tersayang. Simak baik-baik, ya!

Lokasi Sekolah

Meskipun kemungkinan pembelajaran masih daring, Ayah dan Bunda tetap perlu mempertimbangkan lokasi atau jarak rumah ke sekolah. Jika terlalu jauh, anak harus bangun pagi-pagi untuk berangkat sekolah.

Belum nanti ketika pulang dan terjebak macet, dia pasti pulang dalam keadaan lelah dan mengakibatkan anak sering terlambat pulang maupun berangkat ke sekolah.

Kurikulum

Orang tua perlu benar-benar teliti dalam memilih sekolah, terutama dari sisi kurikulum yang diterapkan sekolah. Apakah kurikulumnya sesuai dengan kebijakan pemerintah, atau jika kalian ingin menyekolahkan anak ke sekolah internasional, pastikan kurikulum yang digunakan telah diakui secara global.

Kegiatan ekstrakurikuler yang ada juga tidak boleh luput dari perhatian. Apakah kegiatan-kegitan tambahan tersebut mampu mengoptimalkan bakat, minat serta potensi anak.

Peran Guru

Guru merupakan ujung tombak pendidikan yang mencetak generasi penerus bangsa yang berprestasi. Oleh karena itu, pilih sekolah yang mempunyai guru-guru kompeten dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan efektif. Sehingga, siswa bisa lebih memahami materi pelajaran yang disampaikan.

Sarana dan Prasarana

Komponen pendidikan yang tak kalah penting adalah adanya sarana dan prasarana yang mendukung. Bisa dibilang, sekolah menjadi rumah kedua bagi anak-anak sehingga sekolah perlu memenuhi kebutuhan siswanya dengan menyediakan sarana lengkap.

Mulai dari bangunan fisik, ruang kelas, laboratorium, taman, sarana olahraga dan kesenian, perpustakaan, kantin hingga alat peraga edukasi yang dimiliki. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap, siswa bisa mengeksplorasi bakat dan minatnya serta mengembangkan potensi diri.

Itulah beberapa tips memilih sekolah terbaik untuk anak. Salah satu sekolah yang bisa Ayah dan Bunda pertimbangkan adalah Menlo Park School. Sekolah SMP dan SMA bertaraf Internasional yang mempunyai beberapa program unggulan yang akan meningkatkan kapasitas anak didik secara signifikan.

Untuk informasi lebih lanjut, Ayah dan Bunda bisa mengunjungi website menloparkschool.com, lalu mengisi form yang tersedia untuk melakukan konsultasi dengan tim konsultasi pendidikan. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *