Siapa di sini yang masih kesulitan membedakan bumbu-bumbu di dapur? Indonesia memang terkenal dengan masakan yang menggunakan berbagai macam bumbu dapur. Dalam satu masakan saja, bisa lebih dari dua sampai lima jenis bumbu dapur yang digunakan. Bentuknya yang juga mirip-mirip membuat kita sering tertukar dan sulit membedakannya.

Bagi para pemula, berikut ini adalah berbagai bumbu dapur wajib khas nusantara yang akan menambah cita rasa masakan. Yuk langsung disimak!

Bawang Merah dan Bawang Putih

Bisa dibilang, bawang merah dan bawang putih merupakan rempah paling populer dan sering digunakan sebagai bumbu dasar di hampir semua hidangan khas nusantara. Kedua bumbu ini memberikan rasa yang lebih gurih pada masakan.

Selain itu, juga kerap digunakan karena aromanya yang harus saat ditumis dengan banyak goreng. Bawang merah dan bawang putih pun bisa dijadikan bawang goreng sebagai pelengkap hidangan. Caranya, dengan menaburnya di atas makanan seperti soto, nasi goreng, bubur ayam dan makanan lainnya.

Bawang Bombay

Bawang bombay merupakan bawang berukuran besar dan membulat. Harumnya tidak terlalu tajam seperti bawang merah dan bawang putih, namun tetap harum. Bawang bombay ini terdiri dari dua jenis, yaitu bawang bombay kuning dan bawang bombay merah.

Tidak hanya ditumis, bawang bombay juga biasa kita santap sebagai campuran dari salad atau disajikan sebagai camilan dengan menggorengnya dalam balutan tepung (onion ring).

Jahe

Selanjutnya ada jahe. Selain bumbu dapur, jahe juga biasa digunakan sebagai bahan dasar minuman hangat. Ada beberapa masakan nusantara yang menggunakan jahe seperti saat memasak daging-dagingan dan masakan lainnya.

Jahe mempunyai banyak khasiat untuk tubuh, di antaranya bisa mengatasi peradangan, nyeri sendi, menghangatkan badan dan sebagainya.

Cabai

Indonesia terkenal akan rasa kulinernya yang pedas. Tidak heran jika banyak sekali varian cabai dengan tingkat kepedasan yang berbeda-beda. Jika ingin menghasilkan rasa masakan pedas paling tinggi, gunakan cabai rawait dan cabai burung.

Sementara cabai keriting bisa menjadi pilihan pemberi pedas, namun jenis cabai ini tidak setajam cabai rawit. Biasanya, bumbu dapur satu ini diolah dnegan cara ditumbuk dan dihaluskan. Bisa juga diiris biasa sebagai pelengkap masakan atau garnish.

Itulah beberapa bumbu dapur yang wajib ada pada berbagai macam masakan Indonesia. Selain bumbu dapur yang lengkap, memasak juga perlu peralatan memasak yang lengkap. Kita bisa mendapatkan berbagai macam alat dapur dan alat masak hanya di Hi-Cook. Kunjungi hicookofficial.com untuk informasi lebih lengkapnya. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *