Nadeo Argawinata adalah kiper andalan dari Borneo FC Samarinda yang memiliki sederet prestasi gemilang di musim ini. Namun sayangnya, dia tidak masuk ke dalam daftar 26 pemain Timnas Indonesia yang akan bertanding di Piala Asia 2023.

Akan tetapi, menjelang Piala Asia 2023, Shin Tae-Yong meminta kiper berusia 26 tahun ini ikut berpartisipasi dalam laga.

Pemanggilan secara mendadak ini membuat Nadeo merasa tak percaya. Meskipun begitu, Nadeo berkomitmen akan memberikan performa terbaik untuk Indonesia.

Alasan Dibalik Pemanggilan Nadeo

Awalnya, mantan kiper Bali United ini tidak termasuk dalam daftar pemain Indonesia untuk Piala Asia 2023 yang sebelumnya telah diitentukan oleh Shin Tae-Yong pada 1 dan 11 Januari 2024.

Namun, STY harus mengambil kebijakan darurat setelah Syahrul Trisna mengalami cedera. Kiper Persikabo 1973 tersebut harus dicoret dari daftar karena tidak mungkin terus berpartisipasi dalam Piala Asia 2023.

Kemudian, keputusan diambil untuk mengirim Nadeo ke Qatar sebagai pengganti Syahrul Trisna, demi melengkapi kuota minimal tiga penjaga gawang di Piala Asia 2023.

Meskipun kemungkinan besar Nadeo tidak akan menjadi kiper utama Indonesia, mengingat STY selalu memilih Ernando Ari Sutaryadi sebagai starter dalam dua uji coba terakhir sebelum Piala Asia 2023.

Tanggapan Nadeo terhadap Pemanggilan Mendadaknya

Nadeo mengungkapkan bahwa dia sudah dihubungi oleh staf tim nasional untuk memberikan keterangan terkait keadaan, kesiapan, dan berbagai hal yang berhubungan dengan pertandingan.

Tim Borneo FC juga telah melakukan latihan sejak tanggal 3 Januari sehingga untuk pemanggilan ini dia merasa tidak ada masalah.

Mengenai pemanggilan tersebut, Nadeo mengungkapkan kekagetannya dan dia tidak menyangka dipanggil pada detik-detik terakhir. Meski begitu, ia tetap berkomitmen untuk memberikan penampilan terbaiknya di Piala Asia 2023.

Selain itu, dia juga merasa senang dan bangga karena terpilih sebagai bagian dari Tim Nasional Indonesia dalam pertandingan luar biasa tersebut. Dia berharap bisa memberikan upaya terbaik untuk membantu tim.

Sementara itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Doha, Qatar, mengajak ribuan diaspora Indonesia untuk menyaksikan secara langsung pertandingan Timnas Indonesia melawan Irak di Stadion Ahmad bin Ali.

KBRI Doha bekerja sama dengan beberapa elemen suporter Indonesia yang tergabung dalam Ultras Garuda Qatar untuk turut meramaikan pertandingan perdana timnas pada fase penyisihan Grup D Piala Asia 2023.

Demikianlah alasan terpilihnya Nadeo sebagai penjaga gawang Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Untuk meningkatkan keseruan menonton pertandingan Piala Asia di Qatar, jangan sampai lewatkan berita terbaru dari Sepak bola Indonesia. Salam olahraga!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *