Tujuan adanya sertifikasi profesi ialah untuk memastikan kompetensi seorang calon karyawan atau karyawan tetap yang telah didapatkan melalui pelatihan, pembelajaran maupun pengalaman kerja. Umumnya, sertifikasi diberikan oleh organisasi atau asosiasi profesi yang mengetahui secara jelas suatu kompetensi profesional dalam bidang tertentu.

Hal ini akan memberikan jaminan bahwa seseorang tersebut telah mendapatkan standar kompetensi tertentu. Organisasi atau lembaga pemberi sertifikasi juga menjadi faktor penentu kredibilitas dari suatu sertifikasi.

Di Indonesia sendiri, hadir sertifikasi BNSP keluaran Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang mengawasi konsistensi dan kredibilitas dari Lembaga Sertifikasi Profesi atau LSP, sebagai pihak yang memberikan sertifikat atas suatu profesi atau kompetensi tertentu..

Manfaat Adanya Sertifikasi BNSP

Mempunyai sertifikasi akan memberikan nilai tambah bagi Anda di hadapan perusahaan maupun klien. Karena, itu menunjukkan bahwa kompetensi yang Anda miliki telah dievaluasi dan disetujui oleh pihak ketiga. Dengan catatan, kredibilitas sertifikasi tersebut tergantung pada kredibilitas lembaga yang mengeluarkannya.

Sertifikasi juga sering menjadi persyaratan dalam beberapa bidang profesi, contohnya sertifikasi untuk akuntan publik, ahli K3 dan sebagainya. Bagi para profesional, memiliki sertifikasi memberikan beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Lebih unggul secara kompetitif dibanding kandidat yang tidak mempunyai sertfikasi.
  • Punya potensi untuk mendapatkan upah lebih tinggi.
  • Kesempatan mendapatkan pekerjaan lebih besar.
  • Dapat menunjang karir profesional.

Sedangkan, bagi perusahaan atau industri sertifikasi ini juga memberikan sejumlah keuntungan, di antaranya:

  • Membantu perusahaan menemukan kandidat yang tepat ketika proses rekrutmen.
  • Divisi Human Resources (HR) terbantu untuk menyusun pengembangan karir serta renumerasi berbasis kompetensi.
  • Memberi keyakinan kepada klien atau konsumen bahwa produknya dibuat oleh pegawai yang kompeten.

Alasan Mengapa Harus Mengikuti Program Pelatihan Sertifikasi BNSP

Seperti yang dijelaskan di atas, kredibilitas dari sebuah sertifikasi profesi sangatlah bergantung pada kredibilitas lembaga atau asosiasi profesi yang mengeluarkan sertifikat tersebut. Oleh karena itu, jangan sampai Anda tidak memperhatikan lembaga pelatihan untuk mendapatkan sertifikasi pilihan Anda.

Jangan hanya terpaku pada untuk cepat-cepat mendapatkan sertifikat, karena bisa saja itu menimbulkan masalah ke depannya. Nah, salah satu lembaga diklat profesi terpercaya adalah Sinda Harjaya.

Selain sebagai lembaga diklat profesi dan lembaga pelatihan kerja pelaksana Program Pelatihan Berbasis Kompetensi bersertifikat Nasional dengan sertifikasi BNSP, Sinda Harjaya juga hadir sebagai konsultan pendampingan pendirian LSP dan pengajuan pendirian dan akreditas LPK.

Program pelatihan yang bisa Anda ikuti di Sinda Harjaya adalah sebagai berikut:

  • Training of Trainer Skema Metodologi Pelatihan KKNI Level 3 (Junior Trainer), Level 4 (Trainer/Instruktir) sampai dengan Level Master Trainer.
  • Training HR (Human Resources) Sertifikasi BNSP mulai level HR Staff, HR Supervisor dan HR Manager.
  • Pengawas Operasiona Pertama (POP), POM dan POU.
  • Juru Las atau Welder.
  • Dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, kunjungi saja langsung websitenya di Sindaharjaya.com. Semoga bermanfaat, ya!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.