Demi menunjang kinerja mesin motor matic agar dapat bekerja secara optimal, maka penting bagi pemilik kendaraan untuk rutin mengganti oli pada motor tersebut. Sebagai pelumas komponen mesin kendaraan, oli berguna sebagai perata panas ke seluruh komponen mesin serta menjaga dan melumasi mesin agar bisa bekerja dengan baik.

Terlepas dari banyaknya jenis oli terbaik untuk motor matic yang bisa menjadi pilihan Anda, simak terlebih dahulu mengenai tanda – tanda oli motor matic harus segera diganti berikut ini.

Perubahan warna dan tekstur pada oli

Seiring dengan pemakaian kendaraan yang digunakan setiap hari, warna oli yang sebelumnya berwarna kuning atau biru dan kental, lama kelamaan akan berubah menjadi hitam pekat dan encer. Ini biasanya terjadi karena adanya kerak yang disebabkan oleh sisa pembakaran di dalam mesin yang terjadi secara terus menerus.

Untuk itu, disini Anda bisa mengganti oli tersebut dengan rekomendasi pabrikan atau menggunakan produsen oli yang berkualitas terbaik. Kendati demikian, Anda juga perlu memastikan untuk menyesuaikan jenis kendaraan motor matic Anda sebelum membeli jenis oli di pasaran.

Ganti oli jika sudah mencapai batas jarak tempuh tertentu

Tanda – tanda oli motor harus segera diganti yakni jika kendaraan sudah mencapai batas jarak tempuh tertentu. Biasanya, setiap kali Anda melakukan service kendaraan di bengkel resmi, pihak petugas atau mekanik akan memberikan perkiraan batas kilometer service kendaraan berikutnya, termasuk juga mengenai masalah oli.

Dalam hal ini, tanggal service biasanya juga akan tercantum pada buku service dan stiker waktu service berikutnya yang ditempel petugas di balik jok atau di dekat tangki bensin.

Terjadi pengurangan volume oli motor

Tidak hanya soal perubahan warna dan tekstur oli saja, tanda oli harus segera diganti juga bisa dilihat dari volume oli yang mulai berkurang akibat pemakaian kendaraan secara rutin. Masalah pengurangan volume oli ini sendiri biasanya disebabkan karena adanya penguapan akibat suhu panas, kebocoran, kualitas oli yang tidak bagus dan lain sebagainya.

Apabila Anda tidak segera mengganti oli ini, yang ada akan menjadikan mesin motor matic milik Anda kehilangan performa. Bahkan yang lebih parahnya, mesin motor akan mengalami kerusakan.

Suara mesin lebih kasar dan tarikan mesin terasa berat

Penggantian oli motor matic juga bisa dilakukan jika Anda mendapatkan suara mesin lebih kasar dan tarikan mesin terasa lebih berat dari biasanya ketika digunakan untuk melaju. Biasanya, oli dengan volume yang berkurang dan encer akan menjadikan suara mesin kendaraan terdengar lebih kasar dan mesin kendaraan akan jauh lebih cepat panas.

Dengan mengetahui tanda – tanda oli harus diganti di atas, maka Anda bisa mengganti oli mesin kendaraan secara tepat waktu agar tidak menurunkan kinerja mesin kendaraan tersebut. Adapun untuk jenis oli terbaik untuk motor matic, Anda bisa menggunakan oli dari Idemitsu yang mana dibuat dengan kualitas unggulan, hemat dan ramah lingkungan.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.